Basuki: IKN Lanjutlah, Saya Nggak Ada Urusan Dengan Politik!

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km di Provinsi Jawa Tengah, Minggu (13/11/2022).  (Dok. Kementrian PUPR)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan megaproyek Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur akan tetap berlanjut di tahun politik. Hal itu dituturkan Basuki kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Menurut dia, para pekerja di megaproyek IKN sudah kembali bekerja seperti biasa selepas cuti bersama dan libur Hari Raya Idulfitri 1444 H.

“Jalan terus. Ini sudah ada sekitar… kan yang kerja di sana 8.000 orang, sekarang sudah 80% yang masuk di sana. Jadi sudah mulai kerja lagi,” ujar Basuki.

Dia pun menegaskan megaproyek itu akan terus berlanjut meskipun dinamika politik terkini kian dinamis, terutama terkait Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

“Iya lanjutlah, kalau saya enggak ada urusan dengan politik,” kata Basuki.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyinggung perihal kekhawatiran investor ragu menanamkan modal di megaproyek IKN. Basuki memastikan pemerintah berusaha keras meyakinkan investor berinvestasi di sana.

“Memang sudah ada yang katanya masuk LOI (letter of intent). Lewat saya sudah ada beberapa LOI saya serahkan ke otorita. Masalahnya pembelian tanahnya ini yang belum disiapkan otorita,” ujarnya.

Oleh karena itu, Basuki bilang kalau Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan kembali meninjau secara langsung megaproyek IKN.

“Sudah kita bikinkan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang). Ini loh mau bangun apa di sini, di sini…,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*