Beli TV Mahal Samsung, Dapat Layar OLED Buatan LG

FILE PHOTO: A 77-inch LG Signature W OLED television is displayed during the 2017 CES in Las Vegas, Nevada, U.S., January 5, 2017. REUTERS/Steve Marcus

Samsung bakal menggunakan panel TV buatan LG. LG mulai memasok layar OLED untuk Samsung sebelum pertengahan tahun ini.

LG Display menargetkan memasok 2 juta unit panel TV premium ke Samsung sampai tahun depan. Pada 2024, jumlah panel TV yang dikirim ke Samsung ditambah menjadi 3 juta unit kemudian dinaikkan menjadi 5 juta unit pada 2025.

Ukuran panel TV yang disediakan LG Display untuk Samsung adalah kategori OLED 77 inci dan 83 inci.

Bagi Samsung, menurut Reuters, https://idpromeja138.com/ kesepakatan ini menandakan kompetisi TV “murah” yang makin ketat karena munculnya merek-merek China. Samsung ingin menggenjot kinerja penjualan produk TV OLED (organic light emitting diode) yang lebih mahal.

Perbedaan utama layar OLED dan LED adalah cahayanya. Di TV OLED, setiap piksel di layar mengeluarkan cahaya sendiri. Cahaya di TV LED berasal dari lampu LED yang mengelilingi piksel. Harga TV OLED lima kali lebih mahal dibanding panel TV LCD yang digunakan di produk TV lebih murah.

Lewat kesepakatan ini, Samsung memiliki kemampuan produksi untuk melewati kapasitas Sony Corp sebagai produsen nomor satu TV OLED.

Samsung Electronics adalah produsen TV terbesar di dunia. Namun, Samsung cenderung lambat dalam mengadopsi teknologi OLED di produk TV. Menurut konglomerasi Korea Selatan tersebut, OLED lebih pas digunakan untuk perangkat berukuran kecil seperti HP dan tablet karena biaya produksi panel yang tinggi.

Bagi LG Display, pesanan 2 juta panel OLED akan menyerap 20 persen hingga 30 persen kapasitas produksi panel OLED mereka. Nilai order ini diperkirakan mencapai US$ 1,5 miliar.

Pabrik LG saat ini berproduksi di bawah kapasitas karena basis pelanggan yang belum besar. Permintaan pasar atas TV juga tengah melambat tertekan inflasi dan kondisi makroekonomi setelah meroket sepanjang pandemi.

“Produksi LG akan berkembang dan bakal beroperasi dalam kapasitas penuh tahun depan, membantu mereka untuk kembali mencetak laba,” kata Jeff Kim dari KB Securities.

Selain Samsung, LG Display memasok panel TV OLED untuk perusahaan segrupnya LG Electronics dan ke Sony. Layar buatan LG Displays juga digunakan oleh HP buatan Apple yaitu iPhone.

Samsung Electronics sebetulnya punya perusahaan produsen panel sendiri yang bernama Samsung Display. Nantinya, perusahaan tersebut akan fokus memproduksi layar untuk HP buatan Apple dan Samsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*