Fahira Idris: Petugas KPPS Garda Terdepan Pemilu & Penjaga Demokrasi

Jakarta – Jelang Pemilu 2024, Anggota Komite II DPD RI Fahira Idris mengapresiasi berbagai persiapan termasuk bimbingan teknis yang telah dijalani 5,7 juta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 820.161 TPS. Ia meyakini petugas KPPS akan mampu bekerja dengan baik serta dalam kondisi fit dan prima pada hari H nanti.
Hal ini mengingat KPPS berperan sebagai garda terdepan penyelenggaraan pemilu yang sangat penting dan strategis dalam memastikan kelancaran hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah bersedia menjadi petugas KPPS. Saya yakin dorongan menjadi petugas KPPS juga didasari oleh keinginan untuk berbuat sesuatu bagi negeri ini, terutama ikut serta memastikan pemilu berjalan lancar, jujur, dan demokratis,” ujar Fahira dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2/2024).

“Sejatinya, teman-teman KPPS adalah garda terdepan pemilu dan penjaga demokrasi kita. Kami rakyat Indonesia mendoakan agar teman-teman KPPS diberi kelancaran dan kesehatan terutama di hari pencoblosan yang tinggal seminggu lagi,” sambungnya.

Menurut Fahira, karakteristik pemilu di Indonesia dapat dikatakan paling kompleks dan rumit di dunia. Selain memiliki jumlah pemilih yang besar dan sebarannya luas, saat ini pemilu anggota DPR/DPD/DPRD atau pemilu legislatif dilakukan serentak dengan pemilihan presiden/wakil presiden (pilpres).

Keserentakan itu menjadi tantangan tersendiri terutama di hari pemungutan dan penghitungan suara. Oleh karena itu, Fahira menyampaikan sangat dibutuhkan dukungan semua pemangku kepentingan untuk kelancaran kerja KPPS.

“Namun, saya meyakini berbagai kegiatan supervisi, monitoring, pelatihan, bimbingan teknis, dan peningkatan kapasitas baik dari KPU maupun dari Bawaslu membuat petugas KPPS mampu memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya dengan sangat baik,” ucapnya.

“Saya juga berharap, semua pemangku kepentingan terutama masyarakat atau pemilih memberi dukungan kepada petugas KPPS di wilayahnya masing-masing. Petugas KPPS adalah salah satu pahlawan demokrasi negeri ini,” pungkas Fahira.

Sebagai informasi, pembentukan KPPS memiliki peran penting karena menjadi bagian dari KPU sebagai badan adhoc penyelenggara pemilu pada hari pemungutan suara. Adapun untuk Pemilu 2024 ini, terdapat 5,7 juta petugas KPPS yang telah dilantik secara serentak oleh KPU pada 25 Januari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*