Putin Percaya Perang Dunia 3 Sedang Berlangsung, Ini Tandanya

Putin Percaya Perang Dunia 3 Sedang Berlangsung, Ini Tandanya

Presiden Rusia Vladimir Putin melambaikan tangan sambil tersenyum saat menghadiri Hari Kemenangan Rusia di Moskow, Rusia, Selasa (9/5/2023). (Getty Images)

Seorang akademisi dari Central European University, Alexander Etkind, mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin disebut percaya bahwa Perang Dunia Ketiga (PD3) tengah berlangsung saat ini.

“Orang-orang di Kremlin percaya bahwa https://slots-kas138.store/ Perang Dunia Ketiga sedang berlangsung, dan mereka (Rusia) lebih siap dibandingkan negara-negara lain,” ujar Etkind, seperti dikutip dari AFP┬ápada Kamis (7/12/2023).

Etkind menilai keyakinan Putin tersebut muncul karena situasi dan sumber daya yang dimiliki Rusia saat ini. Ia juga mengatakan kepercayaan berlangsungnya Perang Dunia Ketiga oleh Rusia juga terjadi karena mereka dinilai lebih siap dibandingkan dengan negara-negara lain.

“(Situasi) ini memberi mereka banyak kesenangan. Hidup mereka menjadi bermakna lagi,” imbuhnya.

Selain Etkind, akademisi hingga pengamat lain juga menyebut Putin sedang percaya diri berada dalam posisi politiknya, di mana negaranya mulai bisa mengatasi beberapa ancaman dan persoalan.

Peneliti senior Rusia dan Eurasia dari International Institute for Strategic Studies, Nigel Gould-Davies menyebut Putin kini terlihat lebih percaya diri saat menyatakan sikap dan langkahnya.

“Putin kini berbicara dengan lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya, sejak perang dimulai,” ungkap Gould Davies.

Kepercayaan diri Putin muncul setelah serangan balik Ukraina yang terhenti sehingga Moskow kembali mempertegas posisinya. Tentara bayaran Wagner yang pernah berencana mengkudeta kekuasaan Putin juga tidak lagi menjadi persoalan.

Selain itu, di tengah upaya sanksi dari Barat akibat perang dengan Ukraina, pendapatan minyak Rusia kembali pulih dan bahkan semakin menguat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*