Rektor UI Ungkap Kunci Sukses China & Korea Jadi Negara Maju

Ilustrasi bendera Korsel dan China

Indonesia harus mulai memanfaatkan digitalisasi dalam sistem pemerintahan. Inilah yang menjadi kunci sukses untuk menjadi negara maju.

Rektor Universitas Indonesia https://37.1.221.205/ Ari Kuncoro menyebut perlunya inovasi agar sistem elektronik dapat melakukan analisa data. Analisa data secara digital nantinya akan membantu pemerintah yang baru menjabat untuk memahami data-data sebelumnya.

“Selain ada penggunaan digitalisasi, sistem elektronik itu harus ada analisa. Jadi data yang sudah terkumpul itu dianalisa, sehingga kalau ada pergantian pejabat misalnya, itu tidak perlu dari nol,” jelas Ari dalam dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023: Belanja Berkualitas Untuk Transformasi Ekonomi Indonesia, pada Rabu (17/5/2023).

Korea Selatan dan China, kata Ari, menjadi negara maju bukan hanya dari faktor sumber daya manusianya (SDM) saja. Namun, negara-negara tersebut membuat peluang dengan adanya teknologi informasi saat ini.

“Misalnya Korea dan China, mereka maju bukan hanya karena SDM, tetapi karena SDM yang mampu memanfaatkan informasi,” ujarnya.

Digitalisasi analisa data juga membantu agar dapat bersikap antisipatif. Namun, Ari mengingatkan agar tetap memerhatikan situasi di lapangan. Kedua faktor tersebut menjadi kombinasi yang sangat penting.

“Untuk mengetahui sesuatu yang lebih fundamental atau detail, maka kembali lagi data dari yang sudah dikumpulkan. Sebab data adalah harta karun, siapa yang menguasai informasi dialah yang bisa melakukan tindakan antisipatif,” kata Ari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*